PABX

Dilihat : 8476 Kali, Updated: Rabu, 25 November 2015
PABX

Private Automatic Branch eXchange (PABX)

 

Pengertian

Private Automatic Branch eXchange (PABX) adalah suatu perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur komunikasi antar bagian internal kantor/perusahaan (extension to extension) dan antara internal dengan pihak external (out-going dan incoming). PABX biasanya digunakan untuk perkantoran, rumah sakit, hotel, kampus, asrama, toko swalayan, pabrik, rumah tinggal, dll. Nama PABX lebih dikenal di kalangan orang Asia, sedangkan PBX lebih dikenal di kalangan orang Eropa.

 

Cara Kerja PABX

PABX memiliki beberapa/banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya dalam kepanjangan PABX ada istilah “branch”, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.

Cara kerja PABX adalah bahwa perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon bagian di kantor, atau untuk masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.

Gambar jaringan sederhana PABX :


Ket :

PSTN = Public Switched Telephone Network, yaitu jaringan telepon tetap dengan kabel (jaringan Telkom).

 

Jenis PABX

Ada beberapa jenis PABX, yaitu :

1. PABX

Adalah PABX yang mempunyai output atau extension berupa data digital. Untuk PABX jenis ini data digital perlu dikonversikan dengan pesawat telepon khusus untuk dapat menjadi suara. Tiap-tiap merk mempunyai konversi digital yang berbeda baik nama maupun istilahnya. Contoh merk Panasonic menyebutnya key telephone atau digital phone. NEC menyebutnya multi line terminal.

2. PABX Analog.

Adalah PABX yang mempunyai output analog atau extentionnya berupa sinyal analog. Karena menggunakan sinyal analog maka tidak perlu pesawat telepon khusus. Pesawat telepon ini sama seperti pesawat telepon yang biasa digunakan di rumah yang dihubungkan dengan PSTN atau biasa disebut Single Line Telephone (SLT).

3. PABX Hybrid.

Adalah PABX gabungan antara dua sistem diatas. Oleh karena itu sistem ini mempunyai 4 cable(2pair-1 pair analog 1 pair digital) pada setiap outputnya

 

Interkoneksi PABX

Interkoneksi PABX adalah gabungan dua atau lebih PABX menjadi satu sistem kesatuan. Fungsinya adalah untuk penghematan biaya. Contohnya jika sebuah perusahaan memiliki satu kantor pusat dan beberapa kantor cabang, dimana kantor-kantor cabang tersebut berada jauh di luar kota bahkan di luar negeri. Dengan di satukannya sistem PABX, maka untuk menghubungi kantor-kantor cabang melalui telepon tidak memerlukan biaya pulsa (gratis). Jadi cukup komunikasi internal saja.

Ada beberapa cara interkoneksi antara dua PABX atau lebih, yaitu :

1. Interkoneksi melalui jaringan Internet (Internet Network) yang disebut dengan koneksi IP/IP-PBX.

2. Interkoneksi melalui Sistem Tandem yaitu menggunakan line co dan extension.

3. Interkoneksi menggunakan Sistem VPN.

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/PABX

 

Komentar